Bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik setelah Lebaran

Banyak orang yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik, terutama setelah momen Ramadhan dan Lebaran. Tetapi banyak orang yang tidak tahu caranya. Berikut kami kemukakan beberapa cara yang dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik:

  1. Bertekadlah untuk berubah
    Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, Anda harus bersedia untuk berubah. Perubahan adalah satu-satunya cara untuk tumbuh dan berkembang menjadi orang yang Anda inginkan. Banyak orang yang menentang perubahan, yang dapat membuatnya sangat sulit untuk tumbuh. Bila Anda tetap berpikiran terbuka dan bersedia untuk berubah, Anda dapat tumbuh menjadi orang yang Anda inginkan.
  2. Berhentilah membuat alasan dan alasan
    Setiap kali ada sesuatu yang tidak beres, kita cenderung membuat alasan-alasan, menyalahkan orang lain, menyalahkan pelanggan, atau siapa pun yang terlibat. Namun, kita jarang atau bahkan tidak akan menyalahkan diri kita sendiri untuk hal-hal yang tidak beres.
    Daripada bersikap seperti itu, marilah belajar untuk mengambil tanggung jawab atas kesalahan kita sendiri. Berhentilah membuat alasan-alasan. Mengakulah salah kalau itu memang kesalahan kita. Dengan memahami bahwa kita telah membuat kesalahan, kita juga dapat belajar dari kesalahan kita, yang pada akhirnya dapat membantu kita menjadi orang yang lebih baik.
  3. Hentikanlah kebiasan mudah marah
    Banyak orang membiarkan kemarahan dan kekerasan mengubah kemampuan pengambilan keputusan mereka. Kemarahan hanya merusak hubungan dengan orang-orang dan meningkatkan tekanan darah kita.Mengontrol kemarahan adalah keterampilan yang sangat sulit untuk dikuasai, tetapi sangat bermanfaat. Alih-alih marah, marilah kita coba untuk menemukan cara mengubah emosi negatif kita. Tetap marah tidak membantu Anda, dan tidak pula memecahkan masalah, bahkan dapat menciptakan masalah lain. Carilah beberapa cara untuk merelaksasi syaraf Anda ketika Anda marah, meremas-remas “Stress Ball” seperti ini bisa sangat membantu, loh.. 😀
  4. Jadilah seorang teladan
    Kadang-kadang Anda perlu menjadi teladan bagi orang lain untuk benar-benar dapat bertindak bersama-sama. Jika kita menjadi teladan, orang-orang akan mulai melihat kita, sehingga kita menjadi lebih berhati-hati tentang cara kita berperilaku. Tentu kita tidak ingin mengecewakan orang dengan menunjukkan kepada mereka bahwa kita belum dewasa atau kita adalah teladan yang buruk, kan?Menjadi teladan bagi orang lain tidak perlu susah, cobalah mulai dari menjadi seorang “kakak” kepada orang lain, pelatih tim anak-anak, atau menjadi panutan bagi anak-anak Anda. Buatlah keputusan yang tepat. Karena orang lain menjadikan Anda teladan dan mempunyai rasa hormat kepada Anda.
  5. Maafkanlah seseorang
    Memaafkan seseorang yang menyakiti kita pasti sangat sulit untuk dilakukan. Namun, kita juga pasti tahu bahwa kecenderungan manusia adalah membuat kesalahan. Daripada memendam kesalahan orang-orang itu selama hidup Anda, cobalah untuk memaafkan. Untuk menjadi orang yang lebih baik, laluilah masa lalu Anda dan memaafkan seseorang yang telah melakukan sesuatu yang menyakiti anda.
  6. Dengarkan orang lain
    Ketika setiap orang terburu-buru, dan sibuk dengan karir, keluarga, dan kehidupan mereka, sangat jarang orang yang benar-benar meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan. Padahal mendengarkan orang lain dan memberikan mereka suara Anda adalah salah satu hal besar yang dapat Anda lakukan.Bertemu dengan orang orang yang hebat, melakukan banyak transaksi besar, dan membangun koneksi yang bertahan seumur hidup, dapat Anda lakukan dengan meluangkan waktu dan telinga Anda untuk mendengarkan orang lain. Jadilah seorang pendengar yang baik, dan hidup Anda akan berubah menjadi lebih positif..!
  7. Bersikaplah jujur
    Orang-orang jujur ​​yang sulit kita temukan saat ini. Namun, kejujuran adalah obat terbaik untuk setiap situasi. Berjanjilah kepada diri Anda sendiri bahwa Anda tidak akan mengatakan satu pun kebohongan selama satu bulan kedepan. Tantang diri Anda untuk bersikap jujur ​​dengan mengembangkan kebiasaan yang baik. Jika Anda seorang yang sulit untuk tidak berbohong, coba mulailah dari yang kecil dengan mencoba untuk jujur ​​selama 1 hari. Setelah target kecil tersebut Anda capai, coba tingkatkan dengan 2 atau 3 kali lipat.
  8. Lakukanlah sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan sebelumnya
    Menjaga pikiran terbuka dan mencoba hal-hal yang biasanya tidak akan Anda lakukan adalah cara yang sangat mudah untuk menjadi orang yang lebih baik. Ambillah risiko dan tantang diri Anda untuk mencoba sesuatu yang selama ini Anda selalu takut untuk melakukannya. Satu pengalaman baru akan membawa Anda untuk mencoba banyak hal baru lainnya.
  9. Berikanlah kejutan untuk seseorang yang spesial bagi Anda
    Salah satu perasaan yang paling berharga di dunia adalah mengetahui bahwa Anda membuat seseorang tersenyum. Buatlah kejutan untuk seseorang yang istimewa dalam hidup Anda dengan melakukan sesuatu yang luar biasa bagi mereka!

Published by

Kaito Kuroba, S.Kom.

@kaitou gemar menimba ilmu di mana saja dan dari siapa saja. Masih mencoba bertahan tinggal di Jakarta, Ibukota Indonesia. Alhamdulillaah walaupun saat ini sudah bukan PNS lagi, tapi tetap menjadi seorang IT Enthusiast yang terus mencoba menyebar manfaat bagi manusia yang lain.

Leave a Reply